Kamis, 17 Maret 2011

Ayo Belajar Membaca!

AYO BACA ...AYO BACA...!

Judul : Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca
Pengarang : Prof. Darmiyati Zuchdi, Ed. D.
Penerbit : UNY Press, Yogyakarta
Cetakan I : Oktober, 2007
Tebal buku : 186 halaman
Seabagai negara yang berkembang, Indonesia, masih kurang menyadari akan pentingnya aktifitas membaca. Hal ini sangat jauh berbeda dengan negara maju yang membudayakan membaca. Bahkan ada anekdot yang mengatakan bahwa di luar negeri 1orang membaca 10 buku/koran, sedangkan di Indonesia 1 koran/buku untuk 10 orang.
Seperti yang dijelaskan oleh penulis, alam sebuah seminar nasional, Prof. Dr. Fuad Hasan mantan mendiknas Indonesia mensinyalir kecenderungan menurunnya budaya baca akibat pengaruh audiovisualdari benda ajaib yang disebut dengan pesawat televisi. Bahkan menurut pandangan Alfahri Aldin, sekarang masyarakat Indonesia merupakan masyarakat proliterasi yang telah dihantamm oleh gelombang posliterasi (televisi, internet, handphone, dsb.). Pemanfaatan dengan pelbagai media posliterasi tanpa arah malah menghasilkan sikap penggunaan teknologi canggih sekedar untuk ngobrol atau kegiatan yang kurang bermanfaat lain, sehinggga menimbulkan budaya instan, yang mengakibatkan masyarakat tidak kritis, kurang produktif dan malas.
Kehadiran buku Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca karya Prof. Darmiati Zuchdi Ed. D ini diharapkan dapat merangsang budaya membaca dengan berbagai strategi didalamnya. Selain itu, buku ini memaparkan penelitian yang pernah dilaksanakan para ahli serta penulis dkk. Teknik tersebut antara lain : Pre Reading Plan (PreP) dan Eventending Consept through Language Activities (ECOLA) yang dikembangkan oleh Smityh Burbel (1982).
ECOLA dibangun melalui 5 tahap yaitu : 1) Menentukan tujuan yang komunikatif. 2) Membaca dalam hati. 3) Mewujudkan pemahaman melalui aktivitas menulis. 4) Diskusi dan klarifikasi makna. 5) Menulis dan membandingkan. Berdasarkan penelitian yang dilakkukan penulis dkk, kedua teknik tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca para mahasiswa. Menurut A. Tink dan Contosc M M Lullough, membaca melibatkan proses identifikasi dan proses mengingat bahan yang disajikan sebagai rangsangan untuk membentuk pengertian baru melalui konsep-konsep yang relevan yang telah dimiliki oleh pembaca. Menurut V Dechant, membaca adalah proses pmberian makna terhadap tulisan sesuai dengan maksud penulis.
Pemahaman membaca melibatkan bahasa, motivasi, perspsi, pengembangan konsep dan keseluruhan pengalaman. Dala buku ini, dipa[arkan juga berbagai hasil riset yang berkaitan dengan kegiatan membaca, Mengembangkan komprehensi membaca dari tingkat membaca kosa kata, frase, kalimat, paragraf, informasi, karangan, menemukan ide pokok, mrngrnali susunan karangan, menjawab pertanyaan, mengingat isi bacaan buku serta teknik yang digunakan untuk membaca.
Buku ini sangat baik dibaca bagi pembaca yang belum senang membaca dan pembaca yang masih kesulitan memahami teks-teks bacaan. Semakin seorang mudah memahami makna atau maksud pada sebuah tulisan, akan semakin tinggi pula miknatnya untuk membaca....

2 komentar: